BEKAL TAQWA

<<<<Telah bersabda Rasulullah s.a.w.:” Ya Allah anugerahilah kepada kami dua buah mata yang menangis karena takut kepada- Mu, sebelum tidak ditemuinya air mata.” >>>>>>.
Takut kepada Allah memang membuat seseorang akan memperbanyak amal sholehnya dalam hidup di dunia ini, Allah berfirman yang artinya: Dan mereka memberikan makanan yang disukainya kepada orang miskin, anak yatim dan orang-orang yang ditawan. Sesungguhnya kami memberikan makan kepadamu hanyalah untuk mengharapkan keridhaan Allah, kami tidak menghendaki balasan dari kamu dan tidak pula (ucapan) terima kasih. Sesungguhya kami takut akan (azab) Tuhan kami pada suatu hari yang (dihari itu) orang-orang bermuka masam penuh kesulitan (QS. 76:8-10).
Rasa takut juga bisa tumbuh dalam jiwa manakala kita menyadari betapa siksa dan azab Allah di akhirat tidak dapat kita bayangkan dahsyatnya sebagaimana kita juga tidak bisa membayangkan nikmatnya Syurga, dalam salah satu hadits Qudsi Allah berfirman yang disabdakan oleh Rasulullah Saw yang artinya: Aku menyiapkan untuk hamba-hamba-Ku yang sholeh apa-apa yang belum pernah dilihat oleh mata, didengar oleh telinga dan belum pernah terlintas dalam benak manusia (HR. Bukhari Muslim). Ini berarti, azab dan siksa Allah dalam kehidupan akhirat merupakan sesuatu yang sangat dahsyat dan tidak bisa dibayangkan sedikitpun, begitu juga sebenarnya kenikmatan yang diberikan Allah kepada penghuni Syurga.
Sesungguhnya mereka tidak takut kepada hisab, dan mereka mendustakan ayat-ayat Kami dengan sesungguh-sungguhnya. Dan segala sesuatu telah Kami catat dalam suatu kitab. Karena itu rasakanlah. Dan segala sesuatu telah kami catat dalam suatu kitab. Karena itu rasakanlah. Dan Kami sekali-kali tidak akan menambah kepada kamu selain azab. (QS. 78:21-30).
Dengan demikian, takut kepada Allah Swt memiliki kedudukan yang sangat penting dalam kehidupan kita di dunia ini,dengan berbekal dengan ilmu agama kita bisa mengetahui mana yang di bolehkan oleh Allah swt dan mana yang tidak di bolehkan/di larang oleh Allah swt.Sehingga takut kepada Allah swt karena sudah benar-benar mengenal Nya dan takut kepada Allah Swt memiliki pahala yang sangat besar di sisiNya.
Dan takut kepadaNya hendaknya harus di sertai tangisan yang tulus dari hati,bukan takut kepada Allah.swt hanya ungkapan bibir semata dan bukan air mata kepalsuan.Oleh karena itu orang yang benar-benar takut kepada Allah swt akan di bebaskan dari neraka sebagaimana sabda nabi SAW:"“Bahwa tidak akan masuk neraka orang yang menangis karena takut kepada Allah sehingga ada air susu kembali ke tempat asalnya.”
Sehingga menangis karena Takut kepada Allah SWT sangat banyak manfaatnya antara lain :
(1) Allah SWT akan menaungi mereka di bawah naungan-Nya, pada hari yang tidak ada naungan selain naungan-Nya
(2) Mereka tidak akan masuk neraka bahkan tidak disentuh olehnya
(3) Mendapat kemenangan dengan memperoleh kecintaan Allah SWT. Hal ini berdasarkan Sabda Nabi SAW : Tidak ada sesuatu yang lebih dicintai oleh Allah SWT dari pada dua tetesan dan dua bekas: yaitu Tetesan air mata karena takut kepada Allah SWT dan tetesan darah yang ,mengalir di jalan Allah. Adapun dua bekas, yaitu bekas dari berjihad di jalan Allah dan bekas dari menunaikan salah satu kewajiban yang telah Allah SWT tetapkan (HR.Tirmidzi)
(4) Mendapat kabar gembira, yaitu kebahagian dan kemenangan berupa Surga dengan seluruh kenikmatan dan kesenangan yang ada didalamnya ( QS. Al-Insaan: 11 – 12 )
(5) Allah SWT akan memberikan kepada mereka jalan keluar dan menganugrahkan kepada mereka rizki yang baik dari sebab yang tidak mereka duga: (QS. Ath-Thalaaq)
(6) Bertambah keimanan dan hidayah pada dirinya serta memperoleh ketenangan dan ketentraman jiwa
(7) Tangisan karena rasa takut kepada Allah SWT didunia akan menghasilkan kesenangan di surga sesuai dengan firman Allah SWT yaitu:”Dan sebagian mereka menghadap kepada sebagian yang lain saling tanya-menanya. Mereka berkata:Sesungguhnya kami dahulu, sewaktu berada ditengah-tengah keluarga kami merasa takut (akan diadzab). Maka Allah memberikan karunia kepada kami dan memelihara kami dari adzab Neraka. Sesungguhnya kami dahulu menyembah-Nya. Sesungguhnya Dialah yang melimpahkan kebaikan lagi Maha Penyayang.(QS.Ath-Thuur:25-28)
Mudah-mudahan kita senantiasa mengingat dan mensyukuri nikmat Allah SWT. Kita takut kepada Allah SWT tidak perlu takut kepada selain Allah SWT. Kemudian yang ketiga senantiasa bertaqwa kepada Allah SWT.
Salam.

0 komentar:

Posting Komentar