MENGANIYAYA DIRI SENDIRI

<<<<"Ya Tuhan kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri, dan jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya pastilah kami termasuk orang-orang yang merugi.” (QS. Al-A’rof: 32)>>>>>>
Inilah doa yang keluar dari bibir Adam dan Hawa ketika menyadari akan kekeliruannya tidak mentaati perintah Allah swt .Yang akhirnya di keluarkan dari surga.
Umumnya manusia ketika melakukan kesalahan dan dosa lupa kepada Allah swt.Sehingga hidupnya semakin jauh dari Allah swt.
Tenggelam dalam dosa maksiat tanpa adanya kesadaran keluar dr lingkaran perangkap setan.
Manusia dapat saja berbuat keliru dan lupa. Pada dirinya terdapat kelemahan yang dapat dimasuki setan, ia tidak selamanya patuh dan tidak selamanya istiqomah. Akan tetapi ia dapat mengejar kekeliruannya, mengakui kesalahannya, menyesali perbuatan, dan memohon pertolongan dan ampunan kepada Tuhannya. Karena manusia mempunyai potensi untuk kembali ke jalan yang benar dan bertaubat , tidak keterusan dalam maksiat sebagaimana halnya setan.
Ulama besar dan sekaligus pengarang kitab yg sdh mu'tabarah yaitu Sayyid Qutb dalam tafsirnya menjelaskan bahwa, “Sesungguhnya iblis hanya mendatangi mereka dari titik kelemahan mereka dan tempat masuknya syahwat. Tidak ada yang dapat melindungi manusia dari godaan setan itu kecuali dengan memperkuat iman dan zikir, memperkuat pertahanan dari penyesatan dan bisikan jahatnya, mengalahkan syahwat dan menundukan hawa nafsu kepada petunjuk Allah.”
Dan bisikan setan ini tidak diketahui bagaimana caranya, akan tetapi kita dapat mengetahui sasarannya berdasarkan informasi yang benar dari Al-Quran, sasaran penyesatan itu adalah titik kelemahan pada diri manusia. Setan mempermainkan kecenderungan manusia yang tersembunyi, manusia ingin kekal, diberi umur yang panjang sehingga sepertinya kekal, manusia juga ingin memiliki kepemilikan yang tak terbatas padahal usia mereka pendek dan terbatas. Manusia ingin kaya raya,manusia ingin menjadi tokoh nasional yang terkenal,manusia ingin menjadi kyiai kondang,ingin menjadi ulama besar yg di sanjung-sanjung umatnya,manusia ingin suami/isteri yg tampan dan cantik,manusia selalu ingin lebih dari manusia lainnya dan masih banyak lagi jalur-jalur iblis untuk bisa masuk menggoda manusia..Dan semua hawa nafsu yg melekat pada manusia akan menjadi ladang iblis untuk menjerumuskan manusia dalam kesesatan.Padahal semua hawa nafsu dunia adalah perangkap iblis.Dan hanya orang-orang yang memiliki keimanan yg kuat dan istiqomah yang dapat melawan dan melewati semua perangkap iblis laknatulloh.
Dengan mengetahui manipulasi iblis tersebut, diharapkan kita menjadi waspada terhadap hal-hal serupa yang menjadi tempat sasaran iblis dalam menggoda dan menyesatkan manusia.
Semoga kita bisa terhindar dari godaan-godaan setan yg terkutuk.
Dan semoga pula kita di berikan kekuatan Iman utk bisa melawan godaan-godaan yg datang menggoda iman kita.amien.
Wallahu a’lam bisshowab.

0 komentar:

Posting Komentar