penyakit sombong

Sabda Rasulullah SAW : “Tidak akan masuk surga orang yang di dalam hatinya terdapat seberat biji sawi dari sifat kesombongan.” (HR. Muslim)
Jauhi penyakit Sombong.Karena inti penyakit sombong adalah menolak kebenaran dan merendahkan manusia.
Penyakit ini bisa melanda seluruh lapisan masyarakat, dari yang kaya sampai yang miskin, orang alim dan bodoh, yang muslim maupun non muslim.Pendek kata kesombongan bisa menimpa siapa saja.
Sifat orang yang sombong, ia senantiasa menolak kebenaran yang dianggapnya akan merugikan dirinya dan menghina atau merendahkan orang lain. Orang yang sombong sering lupa diri; siapa dia, dari mana, dan hendak ke mana ia sebenarnya.
Orang yang sombong telah merampas suatu sifat yang sebenarnya tidak pantas disandangnya karena sifat itu hanyalah milik Allah SWT. Iblis terusir dari surga dan dikutuk oleh Allah bukan karena mencuri, berzina atau membunuh tapi karena dia sombong kepada Allah SWT. Kesombongan itulah yang menyebabkan dia terusir dari surga. Allah Berfirman dalam Hadist Qudsi, “Sombong itu selendangKu. Siapa yang memakai selendangKu niscaya dia tidak akan mencium bau surga”.
Di dalam keadaan benar kita tidak boleh sombong,Apalagi di dalam ke adaan salah atau kekurangan..naudzubillah minjalik..
Mari Kita jauhi sifat Sombong dalam perkara apapun.Di dalam batin maupun di luar batin sedikitpun jangan sombong.Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang membanggakan dirinya/sombong.
Salam.

0 komentar:

Posting Komentar