UKHUWAH ISLAM

<<<<“ "Sesungguhnya mukmin itu bersaudara" (Surah al-Hujuraat:ayat 10) >>>>>>.
Setiap pribadi orang mukmin adalah bersaudara .Satu mukmin akan menguatkan mukmin lainnya.Apabila mukmin yang lainnya sakit,maka secara otomatis mukmin yg lainnya akan merasakan juga.Itulah gambaran gamblang yg di jelaskan oleh rosululloh SAW.Hal itu terjadi karena iman yang tertanam di dalam hati sama-sama menuju kepada yang satu,yakni Allah swt.Ukhuwah akan terjalin manakala hubungan keimanan di dalam hati kuat.Sehingga orang yang beriman tidak akan saling bermusuhan satu dengan yang lainnya.Bila iman telah tertanam, orang lain yang jauh pun bisa menjadi saudara dekat. Ukhuwah, persaudaraan yang dibangun atas dasar iman, memang tak kenal batas. Apalagi ras, suku, bahkan negara. Betapa banyak orang yang tak punya hubungan darah dan kerabat. Tetapi menjadi saudara lantaran iman yang menyatukan hati mereka.Sehingga sebab iman ukhuwah akan menciptakan sebuah kebersamaan di dalamnya dalam segala sesuatu kebaikan.Rasa kebersamaan atas dasar iman dan kesatuan perjuang menjadikan orang-orang yang bergabung di dalamnya betul-betul saling mencintai karena Allah, rela berkorban, tanpa pamrih, saling menopang dan melakukan apa saja untuk menggapai ridho Allah ta'ala, tidak untuk yang lain. Karena ada sesuatu yang ingin mereka persembahkan kepada Allah secara bersama-sama. Berupa amal sholih, yang diinginkan hanyalah ganjaran di akherat kelak berupa surga-Nya semata.
Indahnya ukhuwah kalau di landasi oleh iman....
Ukhuwah yang di landasi iman juga akan memunculkan sifat yang mulia yaitu,mengutamakan kepentingan orang lain diatas keperluan diri sendiri. Rela berkorban tanpa pamrih di dalam membantu saudaranya seiman dan sekeyakinan kepada Allah swt.
Saling syang menyayangi,dan saling mencintai sesama saudara dengan hati yang ikhlas hanya karena Allah swt.Hal ini sesuai dgn Hadist:"”Sesungguhnya di dalam surga ada tiang dari permata yakut, di atasnya ada kamar-kamar indah, terdapat pintu yang terbuka dan bisersinar seperti bersinarnya bintang-bintang. Kami bertnya: "Ya Rosulullah, siapa yang tinggal di dalamnya? Rosulullah menjawab: "Mereka orang-orwang yang saling mencintai karena Allah, saling duduk karena Allah, saling bertemu karena Allah. (HR. Al-Bazzar).
Itulah ganjaran yang dijanjikan buat mereka yang saling mencintai karena Allah, saling membantu hanya karena Allah, saling bersaudara karena Allah.
Rosulullah saw bersabda: “Barang siapa yang meringankan satu penderitaan dari seorang mukmin di dunia Allah akan meringankan beban penderitaannya di akherat. Siapa yang memudahkan kesusahan orang di dunia, Allah akan mudahkan kususahannya di dunia dan akherat. Siapa yang menutupi aib seorang muslim, Allah akan menutup aibnya di dunia dan akhirat. Dan Allah akan senantiasa menolong hamba-Nya, jika ia menolong saudaranya. (HR. Muslim)
Semoga Allah senantiasa mencurahkan rahmat dan kasih sayang-Nya, melimpakan keberkahan kepada kita semua. Mempertautkan hati-hati kita sehingga menjadi hamba-hamba-Nya yang bersaudara. Setelah itu kita cuma berharap kepada Allah agar menguatkan ikatan hati ini untuk saling bekerjasama dalam kebaikan dan ketaatan. Mengumpulkan jiwa-jiwa kita menjadi jiwa-jiwa yang lembut penuh kecintaan dan kasih sayang. Sehingga mendapatkan surga yang Allah janjikan di akherat untuk mereka yang saling mencintai karena Allah, tidak ada keindahan yang lebih kita inginkan dari kebersamaan dan berkumpul di surga Allah di akherat kelak.
Berkumpul dengan saudara-saudara kita di akhirat di karenakan amal-amal sholih yang sama ,ketika hidup di dunia.Oleh karena itu bergegaslah dalam jalan ampunan Allah swt.Wa sari'uu ilaa maghfiroti robbikum...
Salam @@@

0 komentar:

Posting Komentar