.kematian

<<<<"Maka apabila telah tiba waktunya (yang ditentukan) bagi mereka, tidaklah mereka dapat mengundurkannya barang sesaatpun dan tidak (pula) mendahulukannya. (QS. An Nahl : 61)''>>>>>>.
Ketahuilah..kematian itu akan datang menemui siapa saja di antara kita.Kematian datang tidak mengenal status sosial,jabatan,tua ataupun muda.Kematian akan selalu mengikuti anda kemanapun anda pergi dan di manapun anda berada.Oleh karena itu,...hidup yang sangat singkat ini harus diisi dengan memperbanyak bekal. Selagi kematian belum datang maka hidup ini harus dipenuhi dengan amal.
Ada tiga amal istimewa yang tidak akan terputus pahalanya meskipun kita telah berada di alam barzakh. Pahala tiga amal itu yaitu Rasulullah SAW bersabda :''Apabila seorang manusia meninggal maka putuslah amalnya, kecuali tiga hal: Sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak yang shalih yang mendo’akannya. (HR. Muslim dan Ahmad)
Ketika kita menyadari hidup ini adalah sangat singkat,maka yg harus tertanam dalam jiwa kita adalah bagaimana kita berlomba-lomba dalam kebaikan dan meninggalkan prilaku keburukan-keburukan dan kemaksiatan.Toh..kalaupun yang anda rebutkankan dan perjuangan itu tidak menjadikan bekal utk hidup di akhirat nanti,perjuangan dan pengorbananmu menjadi percuma.
Oleh karena itu,3 bekal yg akan kita bawa kelak yg akan menyambungkan diri kita di akhirat kelak.
Oleh karenanya penting mencetak anak-anak yg sholeh dan sholehah ketika di dunia.Nabi Ibrahim as.dalam hal anak sholeh ,beliau meminta kepada Allah swt dgn Doa nya:"Ya Tuhanku, anugrahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh. (QS. Ash Shafat : 100).
Dan firman Allah swt :"Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa. (QS. Al Furqan : 74)
Bagitupun amal jariah yg kita sedekahkan di jalan Allah,harus kita peroleh dgn cara dan jalan yg di ridhloi Allah swt.yaitu dari rezeki HALAL DAN TOYYIBAN.yakni rezeki yg halal dan bagus dlm memperolehnya dlm pandangan Allah swt.
Dan amal yg lainya yaitu Ilmu yg bermanfaat; Yaitu ilmu yang diajarkan kepada orang lain, lalu orang itu mengamalkan dan mengajarkannya kepada orang lain, dan demikian seterusnya. Maka sepanjang ilmu itu terus bergulir, diajarkan dari satu generasi ke generasi berikutnya dan diamalkan, orang yang mengajarkannya mendapatkan limpahan pahala yang terus mengalir itu.
Oleh karena itu,marilah kita investasikan ketika kita masih hidup di dunia ini,dgn investasi sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak shalih yang mendoakan kedua orangtuanya untuk kehidupan kita di akhirat kelak nanti.
Salam.

0 komentar:

Posting Komentar